Es Cendol Nutrijell by Winapinta



by Winapinta

Sukaa banget sama cendol ini,, karena enak kenyal, dan wangiiii. Usahakan jus pandan dan daun suji di resep ini jangan diganti dengan pasta pandan instan ya. Karena lebih enak pakai jus pandan asli. Serius deh 👌👌. Tapi kalo ga ada ya monggo diganti pake pasta pandan saja 😊😊. Daun pandan berfungsi sebagai pewangii, dan daun suji bermanfaat untuk menguatkan warna jadi hijauu cantikk gituu. .


Hasil jadi: 10 porsi
Bahan-bahan
1 bungkus nutrijell plain/ tanpa rasa
5 sdm tepung beras
3 sdm gula pasir
10 lembar daun pandan
15 lembar daun suji
600 ml air matang (bagi 2 : 500 ml dan 100 ml)
sebaskom air es
pelengkap :
es batu
gula jawa cair
santan


Langkah

Cuci bersih daun pandan dan suji. Sobek- sobek.


Didalam blender, masukkan daun pandan, daun suji dan 500 ml air. Blender hingga halus. Saring. Ambil jusnya, buang ampasnya. Sisihkan.
Dalam panci, masukkan 100 ml air, tambahkan tepung beras, nutrijell, dan gula pasir. Aduk hingga tercampur rata dan tidak bergumpal. Tambahkan jus pandan. Aduk rata, kemudian nyalakan kompor.
Selama proses memasak, aduk-aduk terus, dan masak hingga adonan cendol mengental dan meletup-letup. Matikan api.
Dalam keadaan masih panas, masukkan adonan cendol ke dalam plastik segitiga. Gunting ujungnya sedikit. Tekan-tekan plastik di atas baskom berisi air es. Lakukan hingga adonan habis.


Jadi deh cendolnya.


Sajikan cendol bersama pelengkap.


Gula merah cair : dalam panci, masak 300 gram gula jawa yang telah disisir halus + 1 sdm gula pasir + 1 lmbr daun pandan + 350 ml air. Masak hingga mendidih dan gula sedikit mengental. Angkat. Dinginkan.
Santan : Dalam panci, masukkan 2 bungkus santan kara kecil + 800 ml air + 1/2 sdt garam. Masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Angkat. Dinginkan